Konversi Tanggal dalam Kalender Hijriyah ke Masehi

15 Dec

Seorang teman pernah bercerita, bahwa dia belum tahu pasti hari ulang tahunnya dalam tahun masehi. Katanya, Ibunya dulu hanya mencatat hari lahirnya dalam tanggal dan bulan hijriyah.

“Itu bisa dicari kok,” Tanggapku waktu itu.

“Gimana-gimana? tolong cariin yah?” katanya.

Kemudian saya mengaduk-aduk buku ilmu falak yang sudah lama tidak tersentuh. Dulu saya pernah asal-asalan belajar sedikit tentang hitung-hitungan menentukan hari di awal bulan, awal tahun juga mencari hari pasaran Jawa.

Tetapi, setelah membolak-balik seluruh halaman buku, mencorat-coret dan menghitung, ternyata saya tidak berhasil menemukan tanggal lahirnya dalam kalender masehi.

Nah, kemarin setelah bosan berada di tempat tidur seharian saya mencoba keluar. Di ruang tamu kost, saya menemukan selembar paper yang berjudul “Hisab Praktis Awal Bulan Qamariyah Sistem Ephemeris” oleh Ahmad Izzuddin. Di situ saya menemukan algoritma sederhana konversi tanggal dalam kalender hijriyah ke masehi. Kemudian saya iseng-iseng corat-coret.

Misalnya, kita mau mencari tanggal masehi dari 1 Muharram 1430 H.

hitunganSehingga 1 Muharram 1430 H jatuh pada 29 hari + 11 bulan + 2007 tahun (yang sudah dilewati). Jadi, 1 Muharram 1430 H bertepatan dengan tanggal 29 Desember 2008. (Mari kita lihat kalender, ternyata benar).

Tetapi, tetap saja saya belum bisa menemukan hari ulang tahun teman saya. Kenapa? karena yang diberikan pada saya adalah tanggal dan bulan hijriyah tapi tahunnya masehi. Nah, lho? Ada yang tahu cara mencari tahun hijriyah jika diketahui tahun masehinya?

Di ujung tahun 1429 H ini, mari memaknai  hari-hari yang sudah terlewati merenung dan instropeksi (ajakan untuk diri saya khususnya). Buat hari esok lebih baik!. Ok, menyambut tahun baru Hijriyah 1430 H, saya mengucapkan “Kullu ‘aamin wa antum bikhoir”.

___________________

Keterangan:

*Siklus dalam tahun hijriyah yakni 30 tahun. (dengan 19 tahun basithah dan 11 tahun kabisat).

**Jumlah hari dalam siklus tahun hijriyah yakni (354×19)+(355×11).

***Ditambah 7 karena di dalam 17 tahun terdapat 7 tahun kabisat. Untuk mengetahui jumlah tahun kabisatnya, angka tahun dibagi 30. Jika sisanya terdapat angka 2, 5, 7, 10, 13, 15, 18, 21, 24, 26, dan 29. Hitung jumlahnya berdasarkan urutan angka-angka tersebut. Umur bulan Zulhijjah untuk tahun kabisat 30 hari.

****dari jumlah ini bisa digunakan untuk mencari hari. Jumlah itu dibagi 7 dengan sisa berapa? dihitung dari Jum’at (sisa 1 berarti Jum’at, 2 Sabtu, … dst, sisa 0 atau habis terbagi berarti hari Kamis). Untuk 506.391 dibagi 7 dapat 72341 dengan sisa 4 berarti 1 Muharram 1430 H jatuh pada hari Senin.

*****Ini jumlah dari penentuan 1 muharram 1 H yakni 15 juli 622 M (155 tahun kabisat, 466 tahun bashitoh). 226.820 hari+181 hari (bulan juli) + 15 hari

******Dari jumlah ini juga bisa digunakan untuk mencari hari. Jumlah itu dibagi 7 dengan sisa berapa? dihitung dari hari minggu (sisa 1 berarti Minggu …dst.)

*******Jumlah hari dalam siklus tahun masehi (1 tahun Kabisat (366) + 3 tahun basithah (365)).

Tanpa hitung-hitungan diatas, sudah banyak konverter kalender hijriyah ke masehi atau sebaliknya. Salah satunya klik  di sini.

About these ads

17 Responses to “Konversi Tanggal dalam Kalender Hijriyah ke Masehi”

  1. mathematicse December 15, 2008 at 7:08 am #

    Mmmm… berarti tanggal lahir sang teman masih rahasia ya? ;)
    :D

  2. mathematicse December 15, 2008 at 7:08 am #

    Mba, dimoderasi juga neeh? :D

  3. mathematicse December 22, 2008 at 5:32 am #

    Belum nulis lagi mba… :D

  4. Yari NK December 24, 2008 at 11:27 pm #

    Iya nih….. aku ada rencananya mau nulis konversi seperti ini juga, logika algoritmanya hampir sama hanya ada beda sedikit. Dan untuk kalender Julius sebelum tahun Masehi sebelum 1582 ada penyesuaian sedikit.

    Tapi bagus mbak, jadi saya nggak usah bikin postingan ini lagi… huehehe….. :D

  5. onen January 15, 2009 at 1:53 am #

    mang tanggal lahirnya berapa, bulannya apa?? tinggal dhitung mundur antara tahun masehi dan hijriyahnya, terus dicari konversinya di : prayer.al-islam.com

  6. onen January 15, 2009 at 1:55 am #

    mang tanggal kelahiran teman kamu berapa, bulannya apa? tinggal dihitung mundur tahun masehi dan hijriyahnya. terus dikonversi di : prayer.al-islam.com/convert.asp?=ind

  7. agung January 29, 2009 at 2:35 am #

    mba, mw tanya??? ada ngga situs yang bisa convert tanggal lahir masehi ke hijriyah????

    thanks ya mba,
    ______________
    mezza: Ada nih http://www.bengkelfalak.org/kalenderfalak/konversi.html

  8. zahwan June 9, 2009 at 10:43 am #

    tanggal lahir sy 1 jan 1984. kalo menurut kalender hijriah tanggal bulan dan tahun berapa? tolong di kasih tau. sy gak bisa hitung2an. mohon bantuannya dengan sangat. terima kasih.

  9. soollz July 17, 2009 at 7:24 pm #

    manfaat juga nih,,bisa ngecek kapan puasa..

    hehe

  10. asep October 2, 2009 at 6:30 am #

    wah.. hebat euy.. canggih

  11. purwanto February 2, 2010 at 6:47 am #

    mbah anak saya REHAN lahir tanggal 28 bulan 9 tahun 2008, kalau kalender hijriahnya berapa tolong ya terima kasih

  12. purwanto February 2, 2010 at 6:50 am #

    jawaban nya lewat email pa di sini ya, trus gemna

  13. purwanto February 2, 2010 at 6:52 am #

    heyy ada yg bisa liat tulisan ku pa gak??? low gak ya udah aku of dulu ya

  14. ratih KD February 21, 2010 at 5:24 am #

    di sini, mas, juga ada http://adrian.web.id/convert/index.php

  15. nenk echa May 13, 2011 at 11:10 am #

    klo di bkin k alogaritma gmn ea,,
    aku dsuruh presentasiin mslh tu tp dgn alogaritma??
    mhon bantuan ny?

  16. bani October 29, 2012 at 11:43 am #

    agustus 1984 hijriah nya apa?

  17. m ilyas October 11, 2014 at 5:17 pm #

    Maaf mau tanya lahir saya tgl 27 silih mulud 1976. Itu klu bulan masehi nya ketemu tgl berapa dan bulan apa ya..? Mohon bantuannya. Atas comen nya saya ucapkan beribu terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 394 other followers

%d bloggers like this: