Lumayan

9 Mar

Ada seorang teman yang sangat unik. Setiap dimintai komentar tentang segala sesuatu pasti selalu berkata “lumayan”.

Tidak tahu kenapa dia senang sekali menggunakan kata lumayan. Menurut KBBI lumayan itu 1 agak banyak; sedang; cukup juga: jumlahnya tidak banyak, tetapi –; pangkatnya tinggi dng gaji –; 2 agak baik (cantik, pandai, dsb): tubuhnya tinggi semampai, parasnya –; permainannya — , tidak terlalu jelek. Intinya agak dan tidak terlalu.

Tapi bagaimana kalau dalam situasi-situasi seperti berikut ini dia menggunakan kata lumayan, misal: Jika anda sedang memegang buku tebitan terbaru dari seorang penulis terkenal, dan kebetulan di sebelah anda ada teman saya, cobalah bertanya padanya:

“Bagaimana menurut anda tentang buku ini?”

sudah pasti dia akan menjawab “lumayan”.

Jika anda sedang berada dalam obrolan santai yang kebetulan ada teman saya disitu, dan tiba-tiba ada cewek yang sangat cantik lewat, berkatalah :

“wow!! cantik banget!”

dia pasti hanya sedikit koment ” mm … lumayan”.

Sekilas dengar, lumayan memberi kesan tidak mau merendahkan sesuatu. Tapi jika kejadiannya seperti di atas, sedikit banyak mesti balik nanya

“kok???”

“lumayan …maksudnya?”

Dalam hal-hal yang sekiranya kita pantas mengatakan “… banget” (bagus, baik cantik, dsb), akan menjadi ganjil kalau ada seseorang yang bilang lumayan. Karena lumayan bisa berarti agak, tidak terlalu, dan juga ga banget.

Dalam suatu kesempatan, ketika agak dongkol juga, gara-gara tulisanku yang menurut(ku) bagus banget, dia hanya berkomentar lumayan. Aku bertanya dengan nada sewot,

” Kenapa sih kamu selalu bilang lumayan?”

Dia cuma tersenyum.

“Kok senyum, dasar manusia lumayan!” tidak mendapatkan jawaban, sebisa mungkin aku memasang wajah marah, lebih tepatnya ngambek. (Jurus cewek biar mendapatkan yang diinginkan, hehehehe)

” Kamu tahu ga sih, aku tu susah-susah nulis itu, dengan sepenuh hati, tapi kamu cuma bilang lumayan, ga menghargai banget!”

Dia terperanjat Melihatku seheboh itu.

???

“Heyy … jangan tersinggung gitu dong … sensi banget sih non,” tanggapnya masih dengan santai.

“Sensi sih enggak cuma napa sih kamu suka banget dengan kata lumayan. Kerja kerasku aja cuma kamu hargai dengan kata lumayan, Ugh!!” aku ngamuk-ngamuk.

“Iya, kamu emang orangnya lumayan. Lumayan pintar, lumayan cerdas, lumayan cantik, lumayan rajin … tapi baru hari ini aku sadar, kalau kamu lumayan cerewet juga ya?”

“Weww!!!”

Akhirnya aku tidak lagi berkomentar. Cuma mencari-cari arti kata lumayan. Dan tulisan ini juga tulisan yang lumayan ancur. Karena hatiku masih lumayan dongkol. Hiks … Hiks…

Advertisements

14 Responses to “Lumayan”

  1. Malecious Genius March 9, 2008 at 7:39 am #

    Lumayan….

  2. mathematicse March 9, 2008 at 7:40 am #

    Tulisan ini lumayan bagus kok! Bikin saya tersenyum bahkan sedikit tertawa. Lumayan lucu!

    Btw, jangan ngambek ya kalau dibilang lumayan. Wakakakakakakakak… :mrgreen:

  3. abahoryza March 9, 2008 at 8:57 am #

    wah tulisannya bagus bangetttt

  4. Sawali Tuhusetya March 9, 2008 at 10:02 am #

    Lumayan itu termasuk adjektiva *halah sok tahu* yang artinya seperti yang dikemukakan mbak hibah itu. biasanya digunakan untuk memberikan respon iseng, basa-basi, atau bisa juga serius. kata “lumayan” itu juga sering dipakai berdasarkan respon penanya; sekadar iseng, basa-basi, atau serius. kalau nanyanya serius, kata lumayan juga mengandung konotasi serius atau sebaliknya. *wew… ini analisis superngawur juga* tapi, suer, deh! postingan mbak hibah kali ini lumayan, kok, hiks. *ditendang mbak hibah sampai ke kendal* wakakakakaka …

  5. danalingga March 9, 2008 at 10:12 am #

    Walah, bukan sedang nyindir saya kan? *serasa disindir*

    Hem, tapi tulisan ini lumayan kok. 😆

  6. quelopi March 9, 2008 at 12:09 pm #

    terkadang yang mengatakan lumayan tersebut lantaran dia nggak mengerti, coba ditanya lebih jauh, pasti dia kebingunan, wakakakaka

  7. Um Ibrahim March 9, 2008 at 4:29 pm #

    ‘lam kenal,

    Wekekek… emang rada ngeselin seh, tapi mungkin karena kita manusia, pasti selalu ada yg lebih baik dari kita, kalo kamu cantik pasti ada yg lebih cantik, kalo tulisannya bagus pasti ada yg lebih bagus, makdarit jawaban lumayan itu sebenernya sangat politis, karena gak pernah salah dan pasti bener…wuaallah…apa seh?:)

  8. mezzalena March 10, 2008 at 1:55 am #


    @ Malecious Genius : 🙂
    @ mathematicse : wakakaka juga deu
    @ Sawali Tuhusetya : hanya basa-basi ya pak? 😀
    @ danalingga : maaf kalo kesindir, ….
    @ quelopi : bisa jadi,…
    @ Um Ibrahim : aduhhh … ini komentar politis juga yak?

    Terimakasih buat semua yang udah baca postingan diatas. yang kata para komentator semua “lumayan”. ternyata banyak yang lumayan latah ya??? wakakaka

  9. theloebizz March 10, 2008 at 2:27 pm #

    ehemm…tulisan ini jg bikin aku berpikir.. “lumayan!!!” hehehehe…maksudnye..lumayan ngingetin kita bahwa terkadang diperlukan penilaian yg lebih spesifik bukan hanya sekedar jawaban aman yaitu “LUMAYAN” hehehehe 😉

  10. Yari NK March 10, 2008 at 3:54 pm #

    Menurut saya kualitas postingan ini belum pada tingkat lumayan, namun baru pada tahap lumayan lumayannya! :mrgreen:

  11. hanggadamai March 10, 2008 at 5:16 pm #

    sapa tu dia? :mrgreen:
    lumayan juga :mrgreen:

  12. indra1082 March 12, 2008 at 1:37 am #

    Lumayan bikin senyum…senyum….hehehehe

  13. Malecious Genius March 12, 2008 at 6:26 pm #

    ternyata baru tingkat lumayan yachh… lumayan lah buat saya…
    lumayan buat saya jadikan bahan adonan kue.. huahahahaha
    *diinjek*

  14. anjrid March 13, 2008 at 3:07 am #

    lumayan, in english mean “not bad”. nggak jelek dan nggak bagus….mmmm standar lah…..tapi nggantung juga sey cz setengah-setengah.anyway…it’s your style so just the way you are!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: