Trus Karya Tataning Bumi

1 Apr

Jika anda pernah berkunjung ke kota Jepara, kota di ujung utara propinsi Jawa Tengah, maka anda akan menemukan candra sengkala diatas tertulis di banyak gapura masuk kabupaten. Konon candra sengkala ini adalah tanda saat Ratu Kalinyamat dinobatkan sebagai penguasa Jepara pada 12 Rabiul Awal Tahun 956 H atau 10 April 1549. Yang sejak tahun 1989 diperingati sebagai hari jadi kota jepara.

Nah, mumpung masuk bulan April, sebagai orang yang merasa di lahirkan di Jepara saya merasa wajib menyambut hari jadi kota Jepara. Ide menulis ini muncul tiba-tiba, setelah siang kemarin pas lagi buka YM, ada seseorang menyapa:

R : Seseorang yang menyapa

S : Saya

R : Assalamualaikum

R : Salam Kenal

S : Waalaikumsalam

S: Salam kenal juga

S : Siapa ya?

R: Kebetulan Blogwalking nemu ID kamu

S : Oooo

R : Asli mana?

S : Jepara

R : Wew!!

S : ?? napa??

R : Tumben ada orang Jepara ngeblog

S : Wew!!

R : Biasanya orang jepara ga IT banget tuuu ..

Ughk … sempat tersedak, karena chatting sambil makan siang mau berangkat kuliah. Aduh, baru pertama dengar komentar kalau orang Jepara ga ada yang IT. Siang yang panas, tambah panas nih … meskipun di ruang berAC. Tapi mungkin benar juga. Saya juga gaptek. Hiks.

Kembali ke Jepara dan bulan April. Bulan April benar-benar bulan sejarah bagi kota Jepara. Selain Bulan hari jadinya, juga bulan yang membuat Kota jepara terkenal sebagai Bumi kartini.

Yup! Betewe ternyata Jepara kalau dilihat dari sejarah, adalah kota yang feminis (hehe … ngaco!!!). Baiklah, katakanlah benar demikian. Kita tahu kota Jepara sudah hidup sejak zaman kerajaan Budha Kalingga pada abad ke 7 M, penguasanya yang terkenal adalah seorang Ratu yang terkenal keadilannya, bukan seorang raja. Ratu Sima. Kemudian di zaman kerajaan Islam, Jepara juga terkenal dengan seorang Ratu yang juga pejuang yang sangat tangguh. Ratu kalinyamat. Dan kemudian di zaman pendudukan Belanda, hidup seorang pahlawan wanita yang memperjuangkan hak-hak kaumnya. Ibu Kita Kartini.

Kemudian, saya sebagai seorang perempuan yang terlahir di Jepara, sedikit tidak terima kalau dikatakan orang Jepara tidak ada yang IT. (Hiks … ternyata panjang lebar cuma mau membela diri). Yup! Trus Karya Tataning Bumi … Dirgahayu Kotaku … Hidup Kaum Ibu!!!

============================================================

Maaf, Tulisan ini sekian dulu. Karena saya ngantuk. Hiks.

Advertisements

12 Responses to “Trus Karya Tataning Bumi”

  1. mathematicse April 1, 2008 at 12:44 pm #

    Waduh Jepara bangetttttttt, ceritanya ngebela diri niiiy… 😀 :mrgreen:

    Trus, makna Trus Karya Tataning Bumi itu apa? 😀

  2. Sawali Tuhusetya April 1, 2008 at 3:05 pm #

    wew… ndak bisa vertamax. kalah duluan sama pak al-jupri, wakakakaka 😆 :mrgreen: wah, bulan april biasanya kota jepara banyak disebut-sebut karena identik dengan hari kartini. kartini identik dengan emansipasi perempuan. emansipasi identik dengan perjuangan kaum feminis. wah, merasa jadi orang jepara kok ndak mosting ttg sosok kartini dan jeparanya, wah, jadi ndak jepara banget gitu, loh!

  3. Sawali Tuhusetya April 1, 2008 at 3:07 pm #

    btw, themenya ganti lagi. kali ini lebih cerah. headr blog dan taglinenya merah tua. wew… konon sih tampilan blog itu mengekspresikan mood pemiliknya. bener ndak yak? kekekekeke 🙂

  4. hanggadamai April 1, 2008 at 6:45 pm #

    wah ketularan virus ya. :mrgreen:

  5. Mezza April 2, 2008 at 8:45 am #

    @mathematicse: 😀
    Makna Trus Karya Tataning Buminya next post ja …
    @Sawali Tuhusetya: Iya sekali-kali mengalah pak *wakaka*. Merah tua itu ekspresi apa ya pak?
    @hanggadamai: Virus apa ney? kan aku hackernya 😀

  6. Yari NK April 3, 2008 at 11:00 am #

    Emang dia orang apa sih?? Kok tahu2nya and yakin2nya kalau orang Jepara nggak ada yang IT?? Lha kalau orang jepara yang udah lama kebetulan tinggal di Jakarta atau Luar negeri, gimana tuh??

  7. fay April 5, 2008 at 3:55 am #

    kalo jepara cuman ada atu yak?
    coba cari purwodadi di wikipedia, ada belasan, boooo
    bangga aku jadi orang purwodadi

  8. ml-yono April 6, 2008 at 4:14 am #

    alo makasih kalo ada yg mau ambil foto/post ya gk papa , tapi ingat tidak semudah me- cpypaste loh, salam buat jepara yg mau ULTAH yg ke-459 semoga jaya terus

  9. ml-yono April 6, 2008 at 4:16 am #

    ALO ANAK MANA SIH KOK MAU AMBIL FOTO JEPARA, JEPARANYA MANA KAMU KUL DI MANA EH NGMONG2 AKU JUGA SERING JAJAN DI PSK LOH YG ADA DI JEPARA (PENGGEMAR SEGO KUCING) LILIN KECIL SALAM DARI JEPARA ML-YONO.BLOGSPOT.COM

  10. isnuansa April 9, 2008 at 9:55 am #

    met ultah buat Jepara. salam kenal…

  11. danalingga April 10, 2008 at 1:15 pm #

    Menarik juga cerita tentang jepara dan perempuanya. 😀

  12. ml-yono April 11, 2008 at 8:00 am #

    jepara oh jepara, ya ultah kemarin di meriahkan dari AKPOL di alun-alun jepara,setelah upacara selesai di lanjutkan dengan atraksi dari akpol & drumbend keliling kota yang sangat meriah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: