Poliandri No, Poligami Yes*.

23 Aug

“Fungsi itu apa sih mbak?” Tanya adik saya yang duduk di kelas VIII SMP. Saya mengerutkan dahi. Kemudian melihat apa yang sedang dipegangnya. Ternyata buku Matematika yang dikeluarkan pemerintah.

“Kalau di buku, fungsi itu apa?” jawab saya balik nanya.

“katanya disini, fungsi itu pemetaan setiap elemen sebuah himpunan (daerah asal) tepat satu kepada elemen himpunan yang lain (daerah kawan)” adik saya membaca bukunya.

“Tapi saya bingung mbak, pemetaan itu apa? bukankah peta itu gambar permukaan bumi yang diperkecil, kok ada hubungannya sama himpunan segala, maksudnya apa to mbak?” Dia nampak bingung.

Hmm… kebingungan yang memang beralasan. Karena istilah fungsi atau pemetaan dalam matematika tidak sama dengan arti kata fungsi pada kehidupan sehari-hari.

“Gimana mbak?,” dia nampak gusar karena saya tidak segera menjawab.

“Begini, jika ada sekumpulan teman-teman kita yang lulus SD dan sekumpulan SMP-SMP. Nah, maka setiap teman kita pasti hanya akan bersekolah di satu SMP saja. Tidak bisa salah satu teman kita bersekolah di dua sekolah, gitu… itu salah satu contoh fungsi.” Jawab saya akhirnya.

“Tapi kan mungkin saja dalam satu sekolahan itu ada lebih dari satu teman saya, mbak.” lanjutnya.

“Hmm… iya, karena fungsi itu tidak berlaku bolak-balik.”

“Gitu ya mbak?” Adik saya manggut-manggut.

Jadi ingat sama guru SMP saya dulu. Saat menganalogikan apa itu fungsi. Begini, daerah asal yang biasanya disebut himpunan A, anggap saja itu adalah Ibu. Nah, daerah kawan yang biasanya disebut himpunan B, adalah kawannya Ibu yaitu Bapak. Maka Ibu tidak boleh memiliki lebih dari satu suami tetapi Bapak boleh memiliki lebih dari satu istri.

“Tapi mbak, … teman saya di SD dulu ada yang tidak melanjutkan sekolah, bagaimana mbak? masih disebut fungsi ga contoh yang tadi?” tanya adik saya lagi.

“Kan fungsi itu pemetaan setiap elemen himpunan daerah asal, jadi semuanya harus mempunyai pasangan di daerah kawan.” lanjutnya.

“Hmm…,” Saya tersenyum. Berarti dia sudah paham.

_____________________________________________

*Judul tidak ada hubungannya dengan pendapat saya mengenai poliandri maupun poligami.

**Sebuah postingan karena kangen dengan adik saya di rumah dan semua keluarga tercinta. Aku pulang.

***Jika ada definisi yang salah, tolong dibenarin ya 😀

8 Responses to “Poliandri No, Poligami Yes*.”

  1. mezzalena August 23, 2008 at 8:19 am #

    sampai sekarang sebenarnya saya sendiri masih bertanya-tanya, kenapa memakai istilah pemetaan? Tolong dijawab ya? 😀

  2. hanggadamai August 25, 2008 at 10:43 am #

    judulnya menipu..
    wakakakakakk

  3. mathematicse August 26, 2008 at 2:33 pm #

    Yes… yes.. yes… hore… (kata bapak-bapak atau calon bapak-bapak yang berniat poligami pas baca judulnya). :mrgreen:

    Mmmm, untuk contoh fungsi yang kamu berikan (seorang siswa lulusan SD ga mungkin sekolah di dua sekolah berbeda sekaligus) saya agak ragu. 😀 Bagaimana bila seorang siswa, pagi hari sekolah di SMP (yang kelas pagi), sedangkan sore hari sekolah di SMP lain (berbeda) tapi kelas siang? 😀

    Kenapa nama lain dari fungsi itu pemetaan? 😀 Mau tahu ya? … 😀

  4. mezzalena August 28, 2008 at 7:23 am #

    @Hanggadami : Tertipu ya? wakakaka juga 😀
    @mathematicse : Waduh ada calon bapak-bapak pingin poligami neh 😀 :mrgreen:
    Hmm… iya pak, tapi contoh ini berlaku buat adik saya, dimana di tempat adik saya tidak ada SMP yang masuk siang. Semuanya masuk pagi. Jadi mungkin contoh ini tidak berlaku buat yang lain.
    iya pak, pingin tau banget. Kenapa pak?

  5. Yari NK August 30, 2008 at 3:56 am #

    Kalau di dunia blogsfer ada kasus pemetaan nggak?? Apa seseorang hanya buka 1 blog?? 😀 Saya pernah mencoba ber-polyblogging tapi nggak berhasil…. :mrgreen:

  6. langitjiwa August 31, 2008 at 2:58 pm #

    slmt menunaikan ibadah puasa,mbak.

  7. mathematicse August 31, 2008 at 6:10 pm #

    Selamat menuaniakan ibadah puasa Ramadhan…

    ==== nalaj rukugnem ====

  8. mathematicse August 31, 2008 at 6:11 pm #

    Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan…

    ==== nalaj rukugnem ====

Leave a Reply

