Di Balik Suami Hebat, Ada Istri yang Hebat

25 Jan

Tanpa survey, saya berani memastikan banyak istri menyetujuinya. Tanpa berpikir panjang, seolah-olah kalimat tersebut mengangkat kedudukan istri setingkat lebih hebat di atas suami. Bahwa suami bisa menjadi hebat, karena seorang istri yang hebat. Fakta-fakta populer yang sahih seringkali menjadi contoh untuk menguatkan kebenaran kalimat tersebut.

Tengoklah Rasulullah SAW dalam dakwahnya yang hebat, ada Siti Khadijah yang solihah mendampinginya. Atau tidak perlu jauh-jauh, bersama Bung Karno ada Ibu Inggit Garnasih yang mengorbankan dirinya demi perjuangan sang suami. Tapi tunggu sebentar apakah tanpa Siti Khadijah Rasulullah tidak bisa menjadi hebat? Atau tanpa Ibu Inggit disampingnya Bung Karno tidak pernah berjuang?

Ada semacam makna ganda dalam kalimat “ Di balik suami hebat, ada istri yang hebat”. Pertama, kalimat tersebut bermakna seolah-olah yang menjadikan suami hebat adalah istri yang hebat. Artinya ada suami biasa-biasa saja, tapi menjadi hebat karena motivasi dan jasa istrinya. Jadi seandainya sang suami tidak berpasangan dengan istrinya yang hebat, bisa jadi dia bukan apa-apa. Tapi menurut saya fakta begini pasti sedikit ditemukan. Nyatanya kebanyakan orang itu, susah disulap menjadi hebat tanpa bakat hebat dari dirinya sendiri.

Kedua, kalimat tersebut bisa jadi muncul karena suami hebat berpasangan dengan istri yang hebat. Sebagaimana konsep kufu yang dianjurkan dalam perjodohan. Juga merupakan janji Allah, bahwa orang baik akan berjodoh dengan orang baik. Dalam pemaknaan ini, artinya kehebatan suami dan kehebatan istri adalah sebuah kesejajaran. Ada semacam saling mengisi dan melengkapi. Sehingga kesuksesan suami, adalah kesuksesan istri. Bersama-sama, karena mereka melangkah beriringan.

Ketiga, dan saya yakin ini fakta kebanyakan. Bahwa suami hebat selalu berhasil membuat istrinya tampak benar-benar hebat. Meskipun seorang istri tanpa prestasi sekalipun akan tampil memukau di samping seorang suami yang hebat. Mau tahu kenapa? Setidaknya, dia sangat hebat telah merenggut hati sang suami ke dalam hatinya atas nama cinta.

Nah jadi?

Saya tidak tahu yang manakah saya. Ketika saya memutuskan menikah dengan suami saya, dia tidak pernah bercerita tentang prestasinya segamblang-gamblangnya. Sampai saya tahu bahwa dia sangat terkenal di SMA nya dari banyak orang. Sangat terkenal di kotanya dari tetangga-tetangganya di FB. Saya tahu dia pernah ke Iran mewakili Indonesia dalam rangka olimpiade matematika untuk mahasiswa tingkat internasional, justru dari Google. Saya tahu dia adalah satu-satunya mahasiswa yang lulus cumlaude dengan IPK 4 sepanjang sejarah di jurusannya, bukan dari dia, dari orang lain.

Tentu saja kehebatannya, bukan karena saya. Sejatinya suami saya ditakdirkan menjadi orang hebat yang mendampingi saya. Apakah saya sama hebatnya sehingga layak bersanding dengannya? Barangkali iya, barangkali saya adalah istri kategori nomor 3. Yang tampak benar-benar hebat karena telah membuat dia jatuh cinta dan mempersunting saya menjadi bidadari di sampingnya.

3 Responses to “Di Balik Suami Hebat, Ada Istri yang Hebat”

  1. rosa January 26, 2014 at 7:37 am #

    Aw.. Aw.. Aw..
    Slalu deh tulisan model bgini bikin mupeng 😀
    oh ya, akhir2 ini ada semboyan baru mbak. Di balik lelaki sukses, ada mantan yang menyesal 😀

  2. wahyudi April 16, 2014 at 4:28 am #

    ya, semoga kita menjadi pribadi-pribadi hebat untuk pasangan kita.. aamiin…

  3. Nuraeni Wirawan August 6, 2014 at 9:16 am #

    Jempol buat anda, patut bersyukur diberi suami yang hebat.
    Alhamdulillah suamiku juga hebat dan baik… 🙂

Leave a Reply

