Tag Archives: Matematika Sekolah

[Buku Baru] Aku Pintar Matematika SMP

5 Jul

Judul: Aku Pintar Matematika SMP
Penulis: Rohma Mauhibah
Jumlah Halaman: 312 hlm
Ukuran: 17 x 22 cm
Harga: Rp55.000
ISBN: 979-780-579-4
Terbit: Juli 2012
Penerbit: GagasMedia

+ Kalau ada dalam matematika, aku nggak bakal mau kita jadi garis sejajar.
-Memangnya kenapa?
+ Kalau kita garis sejajar, kita nggak bakal bertemu, dong!

#Gombal-ala-Matematika

Bergabung yuk, dengan serunya matematika!

Pegang buku Aku Pintar Matematika SMP erat-erat, kamu akan diajak bertualang ke dunia matematika SMP yang disajikan dengan lengkap dan mudah dipahami. Buka pintu Ruang Otak-Atik, kamu akan menemukan berbagai bentuk soal yang memacu semangatmu untuk berlatih, lengkap dengan pembahasannya.

Kalau bosan, mampir sejenak di Bujur Sangkar Iseng. Di sini, kamu akan ditantang memecahkan teka-teki matematika, mengisi TTS, bermain Sudoku, Tic Tac Toe, atau bergombal-gombal ala Matematika. Eits, simpan baik-baik isi KOTAKTUNG dalam ingatanmu. Di dalam KOTAKTUNG ada materi penting yang sering keluar saat ujian.

Jangan lupa, selami kedalaman Samudra Matematika. Samudra pengetahuan yang berisi informasi seputar ilmu matematika yang akan membuatmu tambah kaya akan ilmu.

Petualanganmu bertambah lengkap karena ada bekal yang bisa kamu temukan di Tabung Soal. Berbagai bentuk soal dari berbagai sistem Ujian Nasional akan membuatmu sanggup menghadapi tantangan ujian apa pun.

Bersiaplah, Kawan, petualangan matematika akan segera dimulai!

Buku Baru: Ringkasan Lengkap Matematika SMP

22 Jun

Penulis: Al Jupri, S.Pd,. M.Sc & Rohma Mauhibah,. S.Pd
Ukuran: 13 x 18 cm
Tebal: iv + 308 hlm
Penerbit: IndonesiaTera
ISBN: 979-775-167-8
Harga: Rp36.000,-

Buku ini berisi ringkasan materi, contoh soal dan pembahasan, serta latihan matematika untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sangat tepat digunakan oleh siswa SMP sebagai pendamping buku ajar dalam kegiatan belajar mandiri dan siswa kelas IX yang akan menempuh ujian nasional.

  • Materi diuraikan secara ringkas, sederhana, lengkap, dan sistematis berdasarkan kurikulum matematika yang berlaku.
  • Contoh soal diberikan secara bertahap berdasarkan tingkat kesulitan. Dipilih berdasarkan tipe soal yang sering muncul dalam ulangan harian, ulangan umum, dan ujian nasional.
  • Latihan soal disusun berdasar tipe soal secara variatif. Sehingga siswa dapat berlatih dengan mandiri untuk menyiapkan diri menghadapi ulangan harian, ulangan umum, atau ujian nasional.

[Cerita Matematika] Persamaan

15 Jun

Istirahat kali ini Safira masih serius di tempat duduknya. Dia menemukan soal menarik yang membuat dia penasaran.

Safira terus berpikir. Dia mencoba mengira-ngira. Tapi tidak ketemu jawabannya.

“Jika batu bata itu beratnya 1 kg maka berat di sebelah kiri 1,5 kg dan sebelah kanan 1 kg. Berarti batu bata itu beratnya bukan 1 kg” gumamnya.

“Jika batu bata itu beratnya 2 kg maka berat di sebelah kiri 2 kg dan sebelah kanan 2 kg. Berarti batu bata itu beratnya 2 kg” gumamnya lagi.

“Horeeee, saya bisaa!!” Teriaknya kegirangan.

“Eh, Safira kenapa sih? Seneng banget?” Tanya Dini yang baru saja masuk kelas.

“Ini nih, ada soal yang menarik,” kata Safira.

“Ooo, trus kamu udah ketemu jawabannya?” Tanya Dini.

“Udah sih, tapi belum puas sebenernya,” jawab Safira ragu.

“Kok belum puas?” Tanya Dini lagi.

“Iya, kan saya menemukan jawabannya dari coba-coba aja,” kata Safira.

“Memangnya ada cara yang bukan coba-coba ya? Kan pertanyaannya susah. Wong berat sebelah kiri kan belum diketahui, kok ditanya berat batu batanya sih,” kata Dini.

Safira hening. Terus berpikir.

“Mmm, biar timbangan itu seimbang, berat beban di kiri harus sama dengan berat beban yang di kanan, iya kan?” kata Safira tiba-tiba.

“Iya bener,” jawab Dini.

“Gambar timbangan di atas maksudnya kan berat 1 kg bola kasti dan setengah batu bata sama dengan berat 1 batu bata,” jelas Safira berbinar-binar. Dini hanya menyimak.

“Kalau berat setengah batu bata kita misalkan x maka kita peroleh 1 + x  = 2x, iya ga?” kata Safira.

“Kok bisa?” Dini belum mengerti.

“Di sebelah kiri kan ada berat bola kasti 1 kg dan berat setengah batu bata yang belum diketahui. Nah, berat setengah batu bata yang belum diketahui itu kita tulis sebagai x. Jadi bisa kita tulis 1 + x iya kan?” Jelas Safira.

“Sedangkan di sebelah kanan ada 1 batu bata. Karena setengah batu bata kita sebut x, maka 1 batu bata kita tulis 2x ,” lanjut Safira.

“Nah, karena timbangan tersebut seimbang artinya ruas kiri sama dengan ruas kanan. Jadi boleh kita tulis 1 + x = 2x ,” lanjut Safira lagi.

“Kalau sudah begitu, gimana cara mencari berapa x nya?” Dini bergumam. Safira terdiam. Dia juga belum tahu cara mencari nilai  nya. Ayo, kalian semua, bantu mereka ya.:-)

%d bloggers like this: